Laman

Kamis, 29 Agustus 2013

MEDIA KOMUNIKASI MASA LALU DAN MODERN

Ditulis dan dipostingkan : Kamis,29 Agustus 2013
Sumber : Ringkasan materi TIK SMP Kelas 7, B. Puji Dwi Hastuti,S.E.S.Kom.
 1. Media Komunikasi Masa Lalu

          Semenjak ditemukannya alat komunikasi untuk pertama kalinya, alat komunikasi ini terus mengalami perkembangan. Berdasarkan rentang waktunya, peralatan komunikasi dibedakan menjadi alat komunikasi masa lalu dan alat komunikasi modern. Alat komunikasi masa lalu masih sangat sederhana dibandingkan dengan alat komunikasi modern. Peralatannya pun masih menggunakan bahan bahan alam, seperti daun lontar, kentongan, dan asap. Berikut adalah media komunikasi yang digunakan pada masa lalu
a. Daun Lontar
          Pada zaman dulu orang sudah menggunakan bahasa tulisan sebagai alat komunikasi. Kegiatan surat- menyurat di Indonesia sudah dimulai sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Pajajaran, Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram.

          Yang lazim digunakan untuk menulis dimasa itu adalah daun lontar. Namun ada juga yang menggunakan bambu, rotan, dan lempengan batu. Daun lontar dikenal juga dengan nama daun pohon nira, daun lontar dipakai untuk bahan kerajinan dan naskah.
b.Kentongan 
 Kentongan dikenal sebagai salah satu sarana komunikasi tradisional. Kentongan digunakan untuk memberitahu warga atau masyarakat bahwa atau telah terjadi sesuatu.
          Tanda digunakan berbeda - beda antara suatu peristiwa dengan peristiwa lainnya. Walaupun terjadi perkembangan teknologi yang cukup pesat, namun kentongan merupakan sarana komunikasi tradisional yang masih dapat bertahan sampai saat ini, khususnya di daerah pedesaan. 
          Kentongan masih digunakan, misalnya dibidang keamanan dipakai sarana ronda malam. Kentongan juga dipakai sebagai petunjuk waktu. Kentungan besar ( bedug ) digunakan sebagai tanda bahwa waktu salat telah tiba.

c.Asap
Orang - orang zaman dahulu juga memanfaatkan asap sebagai media komunikasi. Asap dikenal sangat populer digunakan sebagai media komunikasi suku bangsa Indian di Amerika. Alat komunikasi ini biasa digunakan untuk mengirimkan suatu pesan rahasia pada teman ataupun lawan. Sekarang ini asap juga sering digunakan dalam suatu permainan dalam pramuka.




D.Bedug
Meskipun saat ini teknologi sudah semakin canggih, namun sebagian masyarakat tidak bisa meninggalkan media komunikasi tradisional ini khususnya di daerah pedesaan yang digunakan sebagai sarana ronda malam. Ada juga kentongan yang bentuknya cukup besar atau yang sering disebut ”bedug” digunakan oleh masyarakat sebagai penanda waktu sholat tiba.

E.Surat
Surat adalah media untuk menyampaikan pesan melalui lembaran kertas yang dulu dikirim menggunakan merpati. Sampai sekarang surat masih digunakan untuk menyampaikan pesan




 
F. Terompet
Pada zaman dahulu terompet pada masa peperangan digunakan untuk memberi isyarat kepada para pasukan perang untuk melakukan serangan kepada lawan.


G. Merpati pos

Mungkin merpati pos, kita semua sudah tahu kegunaannya pada masa lalu. Bukan hanya pada masa perang tapi sejak jaman dulu Merpati digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan jarak jauh. Pada masa perang kegunaannya lebih lagi, apalagi ketika alat komunikasi tidak berfungsi. Maka merpatilah salah satunya yang digunakan untuk menyampaikan pesan pesan militer rahasia. Sementara burung kenari dimanfaatkan untuk mendeteksi serangan gas beracun pada Perang Dunia I



 

H.Lonceng

Dahulu lonceng digunakan untuk mengabarkan suatu berita kepada masyrakat dan sebagai penanda waktu. Lonceng juga digunakan oleh umat Kristiani untuk memberi tanda waktu beribadah, biasanya dibunyikan tiga kali, pada pukul 06.00. 12.00, dan 18.00. Lonceng digunakan pertama kali dalam gereja Katolik sekitar tahun 400 masehi, dan dianggap diperkenalkan oleh Paulinus, Uskup Nola, sebuah kota di Campania, Italia. Penggunaannya menyebar luas dengan cepat dan tidak hanya digunakan untuk mengumpulkan umat dalam acara keagamaan, tetapi juga sebagai peringatan ketika ada bahaya.



 
I. Prasasti
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, prasasti merupakan piagam yang tertulis pada batu, tembaga, dan sebagainya. Prasasti merupakan sumber sejarah penting untuk mengungkap peristiwa masa lalu. Prasasti merupakan sumber dokumen tertulis yang orisinil dan pasti terjamin keasliannya sebagai peninggalan masa lalu.




J.Telegraf
Telegraf adalah alat komunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik. Di dalamnya terdapat kabel-kabel tembaga yang berguna untuk mengirimkan sinyal jarak jauh.

2. Media Komunikasi Modern

a. Telepon
          Telepon merupakan alat komunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui listrik. Dengan menggunakannya kita bisa berkomunikasi secara lisan dengan seseorang berjarak jauh. Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876.

telepon
          Jika semua telepon hanya terbatas pada telepon tetap ( fixed line telephone ), maka sejak 3 April 1973 telah dikenal suatu teknologi yang dikenal dengan nama telepon genggam atau yang lebih dikenal dengan handphone ( disingkat HP ). HP merupakan salah satu teknologi komunikasiyang saatini marak digunakan masyarakat Indonesia. Pada awalnya HP digunakan oleh kalangan tertentu, misalnya pengusaha. Akan tetapi, sekarang ini HP seolah telah menjadi kebutuhan primer .

          Teknologi dari alat komunikasi ini semakin lama semakin maju. ukuran, bentuk, dan fiturnyapun semakin menarik. Telepon genggam, selain berfungsi pengiriman dan penerimaan SMS. telepon-telepon yang lebiih mahal juga sering menambahkan fitur layanan seperti MMS dan internet. 

b. Koran ( Surat Kabar )

          Koran merupakan suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas koran, yang berisi berita - berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa politik, olahraga, tajuk rencana, dan cuaca. Surat kabar biasanya juga berisi kartun, teka - teki silang ( TTS ), dan hiburan lainnya.
          Koran pertama kali dikenal pada tahun 59 SM di kekaisaran Romawi kuno. Saat itu koran hanya berisi jurnal  kegiatan sang kaisar, yaitu Julius Caesar yang bertajuk "Ada Diurna". pada tahun 1605 surat kabar pertama kali terbit dalam bentuk dicetak oleh Johan Carolus dengan tajuk "Relation". Saat ini koran tidak hanya berbentuk kertas, tapi juga disertain dengan versi on-linenya di internet.
c. Televisi
          Media komunikasi yang satu ini merupakan media komunikasi yang sangat populer. Hampir sebagian rumah tangga di dunia ini mempuntai sebuah televisi. Tetapi, apakah televisi itu ? Televisi merupakan sebuah alat penangkap siaran bergambar. Televisi berasal dari kata teleyang berarti jauh dan vision yang berarti tampak. jadi, televisi berarti melihat jarak jauh.
          Televisi diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal ( logam ) kecil yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkow pada tahun 1883, televisi pun telah berkembang pesat dari warnanya yang dulu hitam putih sekarang sudah berwarna, dan juga dari bentuknya dari layar cembung menjadi layar datar 
D.   LCD Proyektor LCD (Liquid Crystal Display)Projektor adalah alat penyampaiinformasi dengan cara menampilkaninformasi tersebut dalam sebuah presentasi di layar yang besar sehingga pesan yang disampaikanterasa lebih menyenangkan bagi penerimanya. Biasanya alat inimemperoleh input-nya dari sebuahfile yang dibuka pada aplikasikomputer atau laptop. Proyektor LCD bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahayayang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B).Sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor. Warna gambar yangdikeluarkan oleh proyektor merupakan hasil pembiasan dari panel-panel LCD tersebutyang telah disatukan oleh sebuah prisma khusus. Gambar yang telah disatukan tersebutkemudian dilewatkan melalui lensa dan dijatuhkan pada layar sehingga dapat dilihatsebagai gambar utuh. Gambar yang dihasilkan proyektor LCD memiliki ke dalamanwarna yang baik karena warna yang dihasilkan olah panel LCD langsung dibiaskan lensake layar. Selain itu gambar pada proyektor LCD juga lebih tajam dibandingkan denganhasil gambar proyektor DLP (Digital Light Processing).Kelebihan lain dari LCD adalah penggunaan cahaya yang lebih efisien sehingga dapatmemproduksi ´ansi lumens´ yang lebih tinggi dibandingkan proyektor dengan teknologiDLP. Sedangkan kelemahan teknologi LCD adalah besar piksel yang terlihat jelas digambar. Ini yang menyebabkan teknologi LCD kurang cocok untuk memutar film karenaakan terasa seperti melihat film dari balik mata yang terhalang ´selaput katarak´.Proyektor DLP memiliki cara kerja yang sangat berbeda dengan LCD. Salah satu perbedaan DLP adalah adanya chip DLP (disebut juga DMD - Digital Micro Device).Pada chip DLP ini terdapat cermin-cermin yang berukuran mikro (sepersejuta) yangterbuat dari alumunium dan berfungsi untuk mematulkan cahaya untuk memberntuk citra. Cermin-cermin ini dapat bergerak membelokkan cahaya sampai 5000 kali per detik.



 
  E. Pocket PC (P D A)

 Alat ini tergolong yang paling modern dan banyak dimiliki oleh kalangan tingkat atas.Pocket PC sering disebut sebagai komputer mini karena bentuknya yang kecil dan dapatdibawa ke mana-mana. Selain itu, disebut juga dengan nama PDA (Personal DigitalAssistants) yaitu sebuah komputer seukuran telapak tangan yang dapat digunakan untuk menyimpan, mengakses dan mengorganisasi informasi.PDA sudah ada dan dikenal sejak bulan Agustus 1993 dengan nama Newton MassagePad yang dipelopori oleh Apple. PDA merupakan hasil kerjasama Steve Caps, Walter Smith, dan Michael Tchao yang merilis Newton PDA dengan sistem operasi NewtonVersi 1.0. Kemudian pada awal tahun 1995, Palm Computing meluncurkan PDA dengankonsep yang lebih sederhana, hanya sebagai organizer elektronik belaka. Dalam waktuyang hampir sama, ketika dunia komputer mulai memperhatikan aspek portabilitas- nya(aspek kemudahan untuk dibawa), maka lahirlah produk semi-notebook seperti Psion.Inilah yang mengilhamkan produk PDA memasukkan fungsi komputer secara perlahan,khususnya Microsoft dengan Pocket PC-nya.Beberapa PDA saat ini menggunakan sistem operasi berbasis Windows, Palm, Linux,Symbian, BlackBerry, dan Android. Biasanya, PDA juga dilengkapai dengan virtualkeyboard pada layarnya dan juga dapat menggunakan keyboard tambahan yang dipasangke PDA agar proses input menjadi lebih cepat. Proses memasukkan data yang paling mudah.

F.Faksimili
Faksimili berasal dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya .Faksimili digunakan untuk menerima dan mengirim informasi melalui telephoto dengan sistem reproduksi fotografi sehingga memungkinkan kita dapat mengirimkan salinan isi suatu halaman, baik berupa tulisan maupun gambar ke mesin faksimili lain melalui saluran telepon dalam hitungan menit. Mesin Faksimili sering disebut juga dengan mesin fotocopy jarak jauh.



 

G. Radio
Radio merupakan alat yang sangat penting sejak ditemukan untuk  dapat menerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.




 



H. Komputer
Komputer merupakan alat yang digunakan untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan oleh penggunanya.



 
I. Internet
          Internet merupakan salah satu produk TIK yang paling maju saat ini. Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Pada awalnya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Pada tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web, yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, dan musik ditampilkan dalam internet. Karna penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang dirumahpun bisa terhubung lewat internet dengan cara menggunakan modem atau juga jaringan telepon.

Sumber : http://ahmadraynaldi.blogspot.com/2012/10/alat-komunikasi-modern-dan-tradisional.html

0 komentar :

Posting Komentar